SAMBUTAN

Selamat datang di
http://460033.blogspot.com
SARANA INTERAKTIF BERBAGI! http://460033.blogspot.com sangat mengharap sumbangan berbagai artikel dari para Pembaca yang budiman. Kesempurnaan hanyalah milik-Nya makadariitu http://460033.blogspot.com sangat mengharap kritik dan saran dari Pembaca. Rachmat W. P.

Senin, 16 Maret 2009

BERMUDA: Legenda dan Keindahan Alam
AL - Canada
Menurut sejarahnya, Bermuda ditemukan oleh seorang penjelajah Spanyol bernama Juan de Bermudez tahun1503, makanya kepulauan tersebut dinamakan BERMUDA.

Salah satu daya tarik Bermuda adalah legenda dan keindahan alamnya. Banyak org Bermuda yg bilang kalau Bermudian triangle (segitiga Bermuda) itu hanyalah legenda belaka, tetapi kepulauan Bermuda nyata-nyata ada. Ceritanya jaman dahulu kala, cuaca yg sering buruk menerpa kepulauan ini, menyebabkan banyak kapal-kapal yang karam ketika hampir mendekati kepulauan ini. Kemudian timbulah cerita macam-macam dari orang-orang yang berhasil lolos dari bahaya tersebut.
Ada yg mengatakan kepulauan Bermuda banyak setan-setannya yang bergentayangan di sana-sini, karena pengunjung sering terdengar suara-suara burung dari kejauhan yang dianggap suara penghuni kepulauan tersebut. Maka tak heran Bermuda dulu juga dikenal dengan "Isle of Devils".

Sampai saat inipun, ada beberapa kapten kapal asal Bermuda yg harus membantu kapal-kapal asing yang akan masuk kepulauan ini, karena cuaca dan karang di sana-sini yang sewaktu-waktu masih bisa mengancam karamnya kapal-kapal asing tersebut.
Masih banyak orang saat ini yg menyangka kalau Bermuda hanyalah sebuah legenda semata, negara antah berantah. Dahulu waktu masih kecilpun saya berpikiran sama, karena mendengar banyak dongeng tentang hilangnya pesawat atau perahu di segitiga Bermuda (Bermudian Triangle).











Btw, tidak banyak orang yang tahu di mana letak persisnya Bermuda tersebut. Kepulauan yang masih jadi kekuasaan Inggris ini, terletak di Lautan Atlantik, 1770 km dari timur utaranya Miami, Florida dan 1350 km dari selatannya Halifax, Nova Scotia, Canada.
Kalau dari Montreal sendiri, kita harus terbang ke Toronto dahulu untuk bisa terus melanjutkan penerbangan ke Bermuda yang memakan waktu kurang lebih 2.5 jam.
Bermuda adalah kepulauan yang besarnya hanya 53.3 km2 yang terdiri dari 138 pulau besar dan kecil. Pulau yang kecil-kecil ada yg memilikinya atau berpenghuni dan ada yg tidak berpenghuni, merupakan milik negara.
Melihat besarnya Kepulauan Bermuda, hanya dalam waktu satu minggu saja, kita bisa mengunjungi semua pantai dan semua destinasi turis di Bermuda dari ujung satu ke ujung lainnya; dari Dockyard ke St.Georges dengan ferry atau dengan bus.









Di dalam bus dan kapal ferry tsb tidak diperbolehkan makan dan minum, sehingga kebersihan sangat terjaga. Karena jalan-jalan di kepulauan ini sangat sempit, kita bisa juga menyewa skuter, carter taxi atau naik bus untuk sampai ke pantai-pantai yang paling ramai dikunjungi para turis seperti Horseshoe Bay, Warwick Long Bay, Elbow beach, Tobasco Bay, Somerset Long Bay, Snorkel Park Beach, dsb.
Ada juga beberapa pantai pribadi yang dimiliki hotel dan hanya boleh dikunjungi oleh penghuni hotel tsb. Menurut pengamatan pribadi, jangan coba-coba memasuki pantai-pantai ini kalau tidak kenal penghuni hotel atau tinggal di hotel tsb, pasti anda akan diusir secara halus/ kasar oleh staff hotel (tergantung dengan staffnya, ada yang ramah ada juga yang galak sekali).







Pantai-pantai di Bermuda umumnya bersih, berpasir putih dan merah muda karena pasirnya tercampur dengan pecahan batu-batu koral (seperti di foto ini). Ada pantai yang memiliki ombak yang tinggi, bisa dibuat berselancar, ada juga pantai yang saking jernihnya, terlihat ubur-ubur, kura-kura dan beberapa jenis ikan hias. Biasanya banyak orang yang snorkling di dekat tempat-tempat ini. Kalau dari kejauhan air laut biasanya terlihat hijau kebiruan yang nampak sangat indah dipandang mata. Semakin biru terang atau hijau terang warna air lautnya, menandakan bahwa daerah tersebut dangkal tidak sedalam yg berwarna biru atau hijau tua.
Bermuda pada dasarnya juga berbukit-bukit. Ada yang rendah dan ada yg cukup tinggi. Di atas bukit-bukit ini juga terdapat hotel-hotel dan juga rumah-rumah penduduk yang dicat warna-warna pastel yang cerah, tetapi semua atapnya berwarna putih bersih (seperti terlihat di foto ini). Alasannya karena pada waktu hujan, air yang mengucur di atap-atap ini akan turun ke penampungan air. Jangan heran kalau air tawar cukup susah didapat, sehingga waktu hujan, mereka harus menampung air sebanyak-banyaknya. Air cukup mahal di Bermuda, karena seperti halnya makanan, pakaian dan kebutuhan sehari-hari lainnya kebanyakan diimpor dari luar, air minum dalam kemasan botolpun diimpor.
Pada dasarnya tenaga kerja yang memiliki skill yang tinggi masih dibutuhkan di Bermuda. Sejak dahulu kala, banyak orang Eropa (terutama orang Inggris), Kanada dan US berkunjung dan bekerja di sana pada musim dingin dan semi, ada juga yang mendapat kontak kerja tahunan. Saat ini, sudah ada banyak orang Asia (terutama orang philipina/o) dan tim-teng yang bekerja di kepulauan ini. Saya belum melihat orang Indonesia yang bekerja di sana, kemungkinan sudah ada, dilihat dari banyaknya kapal pesiar yang masuk tiap bulannya.
Btw, mengurus working permit di Bermuda kalau diurus sendirian teramat sulit dan memakan waktu; lebih mudah kalau disponsori perusahaan atau organisasi yang beroperasi di Bermuda. Pemerintah Bermuda sangat ketat dalam meneliti surat-surat imigrasi, beserta surat barang-barang yang masuk dan keluar. Sampai-sampai mereka punya record kapan pendatang baru pertama kali berkunjung ke sana. Biasanya, Premier yang juga merangkap Mentri Tourism mengirimkan kartu post yang merupakan tanda terima kasih telah berkunjung ke Bermuda untuk pertama kalinya.







Mungkin ini bisa jadi contoh buat departemen tourisme di Indonesia, krn tahun ini 'Visit Indonesia year', pasti ada saja turis-turis yang baru pertama kali datang ke Indonesia. Kalau mereka mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan, setidaknya ada kartu ucapan terima kasih dari pemerintah karena mereka telah sudi berkunjung ke Indonesia dan mungkin mereka tidak akan ragu-ragu untuk kembali lagi ke Indonesia di lain kesempatan.
Untuk lebih jelasnya lagi ttg Bermuda, silahkan buka websitenya di: www.bermudatourism.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda, sumbangsih Blog saya...